Tags

, , , , , , , ,

Rainbow Cake, Pict by Whisk Kid

Saat ini mungkin sudah banyak yang mencoba Rainbow cake (atau belum??). Rainbow cake ini mudah membuatnya tidak sesulit penampilannya yang mempesona. Warna Rainbow cake ini menarik sekali, membuat orang ingin mencobanya lapisan demi lapisan. Warna nya menggugah selera dan membuat penasaran di lidah.

Nah resep Rainbow cake yang akan saya sampaikan kali ini saya dapat dari website Martha Stewart dengan sedikit penyesuaian, karena resep yang disajikan di website itu terlalu manis menurut saya.  Sebagai panduan anda juga bisa menyimak  demo video cara membuat rainbow cake di website Martha Stewart,  yang disampaikan langsung oleh Martha Stewart dan pencipta ide Rainbow cake dari Blog Whisk Kid.

Rainbow Cake pada dasarnya adalah cake putih biasa yang diberi berbagai macam warna sesuai dengan warna pelangi (merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu) dan disusun secara berlapis, dan setiap lapisan dioles dengan buttercream. Kebetulan saya lebih suka kalau olesan buttercreamnya tipis-tipis saja, tidak seperti pada gambar. Karena menurut saya cake dan buttercream sudah cukup manis.. (kembali ke selera masing-masing lho..)

Hasil dari resep Rainbow cake ini lembut sekali tekstur nya, rasanya juga pas disandingkan dengan buttercream yang digunakan, yaitu buttercream rasa lemon (sesuai resep aslinya). Menurut saya paduan cake dan frosting buttercream lemon ini lebih enak dibanding apabila cake ini disandingkan dengan cream cheese frosting.

Loyang Brownies sekat 3

Loyang yang saya gunakan tidak bulat, karena memakan tempat.. maklum saya masih pakai otang alias oven tangkring. Jadi kapasitasnya kecil. saya menggunakan loyang brownies sekat 3 seperti gambar disamping ini. belinya di Puspita, di Titan juga ada, atau untuk yang jauh dari kedua toko itu bisa ke website ini salah satu toko online jual loyang, mungkin di tempat lain juga ada. Untuk alat ukurnya gunakan measuring spoon dan measuring cup, ini bisa diperoleh di Supermarket terdekat, tujuannya adalah untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan resep. Apabila ada yang butuh panduan dalam pengukuran konversi bisa lihat web ini atau ini.

Measuring Spoons

Bahan:

  • 3 cup tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
  • 4 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 1 cup (227 gr) butter (saya pakai 1 anchor butter) pada suhu ruangan
  • 2 cup gula
  • 5 putih telur pada suhu ruangan
  • 2 sdt vanila essence (saya pakai koepoe-koepoe vanila pasta)
  • 1 1/2 cup susu pada suhu ruangan
  • Pewarna makanan : merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu

Cara:

  1. Panaskan oven dengan suhu 175c. Olesi loyang dengan butter yang banyak agar tidak menempel lalu alasi dengan kertas roti bawahnya, dan lapisi lagi dengan butter.
  2. Campur bahan kering : Tepung, baking powder, dan garam lalu diayak.
  3. Di mixer elektrik (saya pakai mixer yang tidak perlu dipegang) campurkan gula dan butter sampai menjadi cream. Masukan telur satu persatu setiap memasukan telur pastikan tercampur adonan baru masukan telur selanjutnya (sebaiknya dipecahkan semua di satu tempat lalu di masukan sedikit demi sedikit, ukuran 1 telur adalah apabila dimasukan perlahan dia terpisah dengan yang lain). Masukan vanila hingga tercampur rata.
  4. Masukan tepung dan susu sedikit demi sedikit secara bergantian, setelah masukan tepung 1/3 lalu susu 1/3 dan kembali masukan 1/3 tepung, demikan sampai seluruh campuran dan susu habis.
  5. Pisahkan adonan ke 6 tempat dengan volume yang sama. Lalu beri pewarna disetiap adonan.
  6. Panggang dalam oven kurang lebih 15 menit, pastikan adonan sudah matang dengan menusuk adonan dan apabila tidak ada adonan basah yang menempel artinya cake tersebut sudah matang.
  7. Dinginkan cake, lalu susun dengan Ungu dibawah dan diakhiri dengan Merah diatas dan diantaranya olesi dengan frosting buttercream lemon nya.
  8. Lapisi tipis dulu seluruh cake dengan frosting lalu letakan di kulkas sampai dingin, setelah itu baru hiasi dengan sisa frosting nya.

Mudah kan?

Ayo dicoba.. Siapa tau bisa jadi cake yang mengesankan untuk acara kumpul keluarga atau arisan.. hihihi..

Sumber : Martha Stewart dan Whisk Kid

Advertisements