Tags

, , , , , , , , , , , , , , , ,

Blueberry Muffins, taken by Foodwishes

Muffin adalah kue yang biasa ditemui di coffee shop, bakery shop atau cafe sekitar kita, biasanya sebagai teman minum kopi atau teh di pagi hari ataupun sore hari. Kita bisa juga lho membuatnya di dapur sendiri, dan ga kalah enak..

Di resep muffin ini, saya menggunakan resep dari  Foodwishes. Chef John di  Foodwishes menggunakan sour cream di resep nya, fungsi dari sour cream ini adalah untuk menghasilkan muffin yang bertekstur lembut.

Beberapa kendala dalam membuat blueberry muffin, adalah seringnya blueberry mengendap ke dasar muffin. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menghindari hal tersebut:

  • Cara memasukan blueberry dan adonan kering ke adonan basah muffin.

Ketika setengah pertama adonan kering dimasukan ke adonan basah campurkan merata seperti biasa, tetapi ketika memasukan sisa adonan kering ke adonan basah pastikan sebelum dicampur susunannya adalah : adonan kering lalu blueberry diatasnya

Ada juga yang memasukan blueberry ke adonan muffin dengan cara mengaduk blueberry di beberapa sendok adonan kering sebelumnya sehingga blueberry terlapisi adonan kering tersebut, lalu memasukannya ke adonan basah. Ini tips yang saya dapat dari Laura Vitale di Laura in The Kitchen

  • Cara mencampur blueberry ke adonan basah.

Jangan mencampur terlalu rata karena ini dapat menyebabkan blueberry mengendap di bagian bawah muffin. Kita hanya perlu mencampur seadanya. Untuk lebih jelasnya dapat melihat video cara mengaduknya di  Foodwishes

Oh iya, untuk resep ini Chef John menggunakan 2 cup blueberry, biasanya resep lain hanya menggunakan 1 ½ cup saja. Saya pakai kurang lebih 1 ½ cup blueberry segar waktu itu, karena ½ cup kami makan sebelum muffin ini dibuat.. Hehehe..

Silahkan mencoba…

Bahan:

  • 1 cup gula putih
  • ½ cup butter, suhu ruangan
  • 2 telur besar (1 telur besar = 57 gr dalam kulitnya, atau 50 gr tanpa kulit)
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1 cup sour cream
  • ½ cup susu, suhu ruangan
  • 1 sdm lemon zest (parutan kulit luar dari jeruk lemon) atau ½ sdt extract lemon
  • 3 cup tepung serba guna
  • 1 sdm baking powder
  • ½ sdt baking soda
  • ¾ sdt garam
  • 2 cup blueberry segar (banyak resep lain yang hanya menggunakan 1 ½ cup blueberry)

Cara:

  1. Panaskan oven hingga 190c. Gunakan cetakan muffin/cupcake yang berisi 16 cup, alasi dengan kertas muffin.
  2. Gunakan mixer untuk mencampur butter dan gula hingga fluffy, kurang lebih 3 menit dengan kecepatan sedang. Masukan satu telur, lalu aduk hingga tercampur menggunakan mixer. Masukan telur kedua hingga tercampur, lalu masukan minyak sayur hingga tercampur rata menggunakan mixer.
  3. Masukan sour cream, susu dan lemon zest (atau lemon extract) campur hingga rata dan lembut menggunakan whisk (aduk manual saja).
  4. Aduk rata di tempat terpisah adonan kering : tepung, baking powder, baking soda, dan garam.
  5. Masukan setengah adonan kering ke adonan basah hingga tercampur rata, manual menggunakan spatula.
  6. Masukan setengah adonan kering sisanya dan blueberry (taruh blueberry diatas adonan kering sebelum di aduk) aduk hingga tercampur saja semnggunakan spatula. Ditahap ini jangan mencampur terlalu rata untuk menghindari blueberry mengendap dibagian bawah muffin.
  7. Masukan adonan ke Loyang muffin, biasanya saya gunakan ice cream scoop agar rata dan tidak berantakan.
  8. Panggang kurang lebih 25-30 menit. Gunakan rak yang tengah ketika memanggang. Test dengan memasukan tusuk gigi ke tengah muffin, apabila tusuk gigi keluar bersih berarti muffin sudah matang.

Sumber : Foodwishes, Wikipedia, Laura in The Kitchen.

Advertisements