Tags

, , , , , , , , , , , , ,

20130117-135937.jpg

Saya adalah penggemar makanan yang satu ini.. Karena di dekat rumah belum ketemu tukang pempek enak, biasanya saya pesan lgs dari Palembang.. Tapi setelah ketemu resep yang ini (saya dapat dari kursus di NCC) kok lebih enak dan rasanya aman saja karena tau kalau ikan yg dipakai kita pilih sendiri dan yg mengaduk tangan sendiri.. bukan tangan abang2.. hehehe…

Pempek ini dibuat dari daging ikan tenggiri asli yg saya giling di food processor sampai lembut, kalau tidak ada fiod processor bisa minta giling di pasar atau potong cincang kecil2 dulu kemudian di blender sampai halus.. Ketika dihaluskan sebaiknyavtidak ditambah air..
Pastikan hanya dagingnya saja yg diolah, kita pisahkan daging dari kulit dan tulangnya kemudian di pilih2 lagi dan buang duri atau urat2 yang tersisa menempel ke daging agar hanya dagingnya saja yg kita proses..

Silahkan dicoba..

Bahan Pempek:
600gr daging ikan tenggiri (biasanya didapat dari 1kg ikan utuh)
400ml air
400gr tepung sagu
30gr tepung terigu
1 bks kecil penyedap rasa ayam
1 sdm garam

Bahan Kuah Cuko:
1kg Gula Aren (Jgn gula merah)
2ltr Air
5 sdm cuka atau 150gr Asam jawa (resep asli 200gr asam jawa, menurut saya agak terlalu asam bisa disesuaikan terakhir bila kursng asam)
10 bh bawang putih (haluskan)
100 gr cabai rawit merah atau 250 gt cabai rawit hijau (haluskan)
40gr garam

Cara:
1. Aduk menggunakan tangan ikan yang sudah dihaluskan dengan air sedikit demi sedikit, lalu masukan sagu tepung terigu, penyedap rasa dan garam sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata. Perlu diperhatikan, cara mengaduknya perlahan lahan secara memutar agar adonan nantinya tidak keras dan alot.
2. Adonan akan bertekstur lembek, maka untuk membentuknya lapisi tangan kita dengan tepung sagu untuk mempermudah proses.
3. Adonan siap dibentuk lenjer, kapal selam, dan keriting. Untuk membentuk lenjer, bentuk silinder adonan dengan berat 25gr. Untuk kapal selam timbang adonan dengan berat 50gr, lalu bentuk silinder (seperti lenjer) lubangi bagian atas nya dengan jari, isi dengan kocokan telur kurang lebih 1,5 sdt, lalu rekatkan ujungnya.
4. Rebus air beri 1sdm cuka, agar telur di dalam kapal selam tidak pecah, masukan pempek, rebus hingga penpek naik ke permukaan air.
5. Goreng di minyak panas.
6. Setelah di rebus pempek dapat disimpan di frezer.
7. Kuah Cuko: Rebus semua bahan jadi satu hingga kuah mengental, saran saya masukan cabai rawit bertahap sehingga mencapai tingkat pedas yabg diinginkan..

Selamat mencoba..

Advertisements