Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kimchi adalah sejenis asinan sayuran ala Korea yang di konsumsi oleh orang Korea 3x sehari setiap makan. Pada umumnya sayur yang digunakan adalah sawi. Maka kali ini kita mencoba membuatnya, dan hasilnya tidak kalah dengan yg disajikan di resto resto korea..

image

Resep Kimchi

Resep ini didapat dari Anggra, ipar saya. Anggra adalah penggemar film, lagu, juga makanan Korea. Nara sumber yang pass sekali untuk konsultasi resep masakan Korea. Anggra sudah memasak Kimchi ini berkali kali, cukup sering sekali memasak Kimchi sebanyak 1 tempat beras 10kg. Yup, her husband and her really likes kimchi, and no, they are not korean people.

image

Kimchi

Rasanya yang asin, pedas dan asam disukai oleh lidah Asia. Cukup dimakan dengan nasi putih panas, ditemani dengan bulgogi atau makanan korea lainnya, atau hanya dimakan sebagai cemilan saja sudah enak dan bikin nagih.
Semakin lama Kimchi disimpan semakin terasa asam hasil fermentasinya. Dan semakin lama semakin enak rasanya. Pernah Anggra menyimpan Kimchi selama 1 bulan di dalam kulkas, dan rasanya benar2 enak sekali.
Well, kalau saya paling maksimal 1 minggu, karena biasanya sudah habis dalam 1 minggu itu.
Mungkin saya harus mulai membuat dengan kuantitas yg lebih banyak lagi, hahaha..

image

Resep Kimchi

Kimchi yang kita akan buat terdiri dari sawi putih, lobak, dan wortel.
Tips dalam membuat kimchi, selalu gunakan sayuran segar, dan cuci bersih sayuran itu. Dalam memilih sawi pilih yg daunnya segar. Dalam memilih lobak pilihlah lobak yg sudah matang sehingga rasanya tidak pahit. Wortel yg digunakan juga sebaiknya wortel yg matang sehingga rasanya manis.

image

Sawi putih

Kita akan melumuri sawi ini dengan garam dan membiarkannya selama 1-2jam hingga sawi layu. Setelah itu tiap lembarnya diolesi dengan pasta cabai yang kita sdh siapkan, lalu diamkan selama 1 hari di suhu ruangan dan kemudian simpan di kulkas.
Sawi akan terfermentasi dengan cukup di suhu yang lembab selama 1 hari. Apabila daerah anda dingin dan kering, diamkan kimchi di suhu ruangan selama 2 hari, lalu masukan kulkas.

image

Sawi siap olah menjadi kimchi

Bubuk cabai yang digunakan sebaiknya bubuk cabai Korea yang bernama Gochugaru, saya membelinya di supermarket korea yang bernama Mu Gung Hwa. Tekstur dan rasnyanya berbeda dengan cabai bubuk yang tersedia di supermarket pada umumnya. Dan karena kita menggunakan banyak cabai bubuk, maka saran saya sebaiknya beli sekaligus bungkus besar, hahaha.
image

Baiklah, mari kita langsung coba resepnya. Silahkan dicoba dan share pengalaman anda dalam membuat Kimchi.

Bahan-bahan:
3bh sawi putih
2 lobak, potong lonjong korek api
2bh wortel, potong korek api
8lbr daun bawang, potong panjang
2sdm brown sugar
2sdm tepung ketan
250ml air
15sdm gochugare (bubuk cabe korea)
2sdm kecap ikan
2sdm saus tiram
1sdm kecap asin
10bh bawang putih, parut halus
1bh bawang bombay, parut halus
2cm jahe, parut halus, peras
100gr Garam

Cara membuat :
1. Olesan garam ke setiap lembar sawi putih yg sudah dicuci bersih, diamkan kurang lebih 1 jam hingga sawi layu.
2. Sambil menunggu, masak air dengan brown sugar dan tepung ketan hingga mendidih dan mengental menjadi serupa lem.
3. Campurkan potongan lobak, daun bawang, parutan bawang putih dan bawang bombay, perasan jahe, gochugaru, dan pasta brown sugar.
4. Cuci bersih sawi dengan air minum (bukan air mentah).
5. Oleskan setiap lembar sawi dengan pasta cabai, simpan di tempat tertutup seharian di suhu ruangan.
6. Simpan di kulkas selama 1minggu hingga 1 bulan. Lebih lama lebih terfermentasi dan rasanya kan lebih asam.
7. Sajikan dengan nasi panas, atau sebagai snack.

Advertisements