Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Since this is a lazy weekend, anak anak nonton tv dr pagi, bapaknya main game dari pagi… hmmm… sepertinya suasana rumah hari ini harus dirubah.. Let’s create something together!! 

Agenda bunda biasa -> masaaakkk.. hehehehe.. 



Setelah putar otak dan browsing browsing lalu punya ide untuk bikin pull apart bread, lalu urung niat karena lagi malas buka oven. Lalu ingat bapao, hahahaha.. kita bikin bapao saja hari ini yah, bapao isi coklat, tetap isiannya yg pasti dimakan anak anak.. Buat bentuknya menarik sehingga lebih digemari anak anak tentunya, maka mari kita membuat bapao tsum tsum..

Ok, untuk dapat membuat semua jenis makanan bento kita harus merencanakan apa yang perlu kita butuhkan. Yes, PLANNED AHEAD!! Bentuk apa yg mau dibuat? Warna apa saja yg dibutuhkan? Pelengkap apa yg kita butuhkan? 


Gunakan gambar diatas untuk acuan bentuk tsum tsum. Semoga hasil bentuk tsum tsum kalian lebih bagus dari yang saya buat, hahahaha..

Untuk membuat bapau tsum tsum ini saya membuat notes seperti ini untuk membantu membentuk desain dan warnanya.


Setelah notes nya selesai, lalu bagi2 adonan sesuai dengan yang dibutuhkan, dan sisihkan bedekatan dengan desain bentuk yg kita akan buat untuk dapat memastikan tidak ada bagian yang tertinggal. We dont want minnie losing her bow, she will be cranky like a child in a toys store..

Kali ini saya membuat bapao menggunakan tepung jadi, tinggal tambah mentega putih, air, dan gula (ragi sudah disediakan di dalam kemasan). Saya mendapatkan tepung ini di toko bahan kue di pasar dekat rumah, dan hanya membuat 1/4 kg adonan saja dapat menghasilkan 15 bapao. 


Buat adonan bapao seperti petunjuk kemasan. Setelah diuleni dengan kalis lalu kita siap membuat bapao nya. Saya menguleni menggunakan re bread menggunakan menu mengadon, selama 23menit hingga kalis. Apa itu rebread? Silahkan cek review re bread di sini Re bread review


Setelah adonan jadi, bagi 15 bagian besar, masing- masing 28gr lalu diamkan 10 menit (akan ada beberapa gr yg tersisa ini untuk membuat hidung, telinga, mata, dll yg dibutuhkan), pipihkan badan bapau lalu isi dengan isian yang diinginkan. Kali ini saya isi dengan coklat, karena ini akan jadi bekal anak anak untuk sekolah besok, dan mereka suka sekali roti coklat..

Karena kali ini saya akan membuat : piglet, mickey, minnie, pooh, mike, dan olaf. Maka saya membutuhkan bagian bagian warna seperti dibawah ini.

  1. Untuk 3 buah Pooh : 3 bulatan besar kuning, 6 bulatan kecil kuning (untuk telinga)
  2. Untuk 2 buah Perry : 2 bulatan besar biru, 2 bulatan kecil orange (untuk paruh)
  3. Untuk 2 buah Olaf : 2 bulatan besar putih, 2 buatan kecil orange (untuk hidung)
  4. Untuk 2 buah Piglet : 2 bulatan besar pink, 4 bulatan kecil pink yg lbh tua (untuk telinga)
  5. Untuk 2 buah Mike : 2 bulatan besar hijau, 2 bulatan besar putih (untuk mata)
  6. Untuk 2 buah Mickey dan 2 buah Minnie : 4 bulatan besar hitam, 8 bulatan kecil hitam (untuk telinga), 4 bulatan kecil putih (untuk muka), 4 bulatan kecil merah (untuk pita Minnie)


Setelah menambahkan isian pada badan bapau, lalu tempelkan telinga, hidung dan lainnya pada bagian bagian bapau.

Notes : It doesnt have to be a perfect tsum tsum shape, its fine, the world will not end if you dont make it the perfect shape!! Lets just have fun..

Mohon maklum dengan bentuk2 diatas, khususnya mickey dan minnie, lets just assume they were having a bad day at work.. hahaha…

Setelah selesai dibentuk, tutup dengan kain bersih, diamkan adonan 40 menit di ruangan dirumah yang paling hangat sehingga dapat mengembang dengan baik, hasil yang diharapkan adalah adonan mengembang 1.5x lipat dan adonan menjadi lembut.

Kukus dengan api besar 15-20 menit hingga mengembang sempurna, gunakan kain untuk melapisi tutup kukusan untuk mencegah air menetes ke adonan bapao.


Voila!! Its done.. 

A super moist bapao with a cute shape and a chocolate filling. Lets decorate!!


Gunakan edible color markers untuk memberi mata dan menghias bapao, apabila tidak ada edible marker gunakan adonan untuk membuat mata dll pada saat pembentukan diawal.

Soo lets enjoy our bapao and keep having fun..

Advertisements